Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

  1. Artikel yang ditulis untuk Jurnal Lazuardi menerbitkan artikel hasil penelitian, hasil kajian konseptual, telaahan artikel / buku ilmiah, cerita pendek, ceritra bersambung, dan puisi. Naskah dikketik menggunakan huruh kali roman baru, ukuran 12 poin, spasi ganda, dan dicetak pada kertas A4 sepanjang meksimal 20 halaman, dan diberikan dalam bentuk tercetak sebanyak 3 eksemplar dan dalam satu disket. File ( file ) dibuat dengan menggunakan Microsoft word. Pengiriman file data juga dilakukan sebagai alamat dari surel ke alamat: admin@ejurnal-bahasaundana.com / putrayadi.naranto0@gmail.com
  2. Nama penulis ditulis tanpa gelar akademik dan ditempatkan berjudul judul artikel. Jika ditulis ulang 4 orang atau lebih, nama penuli pertama yang dituliskan pada judul, sedangkan penuli lainnya ditulis pada catatan pada halaman tulisan pertama. Dalam hal naskah ditulis oleh tim, penyunting hanya akan berhubungan dengan penulis yang disebut dituli pertama. Untuk memudahkan komunikasi, alamat surel harus dituli setelah nama penulis.
  3. Artikel ilmiah ditulis dalam bahasa Indonesia atau dalam bahasa inggris baku dengan format esei (esai format), disertai judul pada masing-masing bagian artikel, kecuali pada bagian pendahuluan yang disajikan tanpa judul bagian. Judul artikel dituli ditengah-tengah dengan menggunakan huruf besar (14 points). Peringkat judul bagian dinyatakan dengan jenis yang berbeda (semua judul bagian dan sub bagian dicetak tebal dan miring), dan tidak menggunakan angka/nomor pada judul/bagian.
  4. Sistematika artikel hasil telaah/kajian konseptual adalah: judul; nama penulis; abstrak (paling banyak 200 kata); kata kunci; pendahuluan (tanpa judul); yang berisi latar belakang dan tujuan atau ruang lingkkup tulisan; bahasa utama (dapat dibagi kedalam beberapa sub bagian); pentup atau simpulan; daftar rujukan (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk).
  5. Sistematika hasil penelitian adalah: judul; nama penulis; abstrak (paling banyak 100 kata) yang berisi tujuan, metode, dan hasil penelitian; kata kunci; pendahuluan (tanpa judul) berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka, dan tujuan penelitian; metode; hasil dan pembahasan; simpulan dan saran; daftar rujukan (hanya memuat sumber ang dirujuk)
  6. Sistematika esei/opini/artikel ilmiah popular, dalam bahasa idonesia atau bahasa inggris, disesuaikan dengan tuntutan karya ilmiah popular yang bermutu. Judul tulisan, nama penulis, dan lembaganya hahrus ditulis.
  7. Untuk artikel ilmiah hasil penelitian dan artikel ilmiah kajian/telaah konseptual, sumber rujukan sedapat mungkin terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan yang diutamakan adalah sumber prima berupa laporan hasil penelitian, termasuk skripsi, tesis, disertasi atau artikel hasil penelitian yang diterbitkan di jurnal atau majalah ilmiah.
  8. Perujukan dan pengutipan menggunakan teknik rujukan berkurung (nama dan tahun). Pencantuman sumber para kutipan langsung hendaknya disertai keterangan tentang nomor halaman tempat asal kutipan. Contoh: (Tans, 2014:47).
  9. Daftar rujukan disusun seperti contoh berikut dan dirutuhkan secara alfabetis dan kronologis.
  10. Tata cara penyajian kutipan, rujukan, table, dan gambar mengikuti ketentuan Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Universitas Negeri Malang,2000) atau mencontoh lansung tata cara yang digunakan dalam artikel yang telah dimuat. Artikel berbahasa Indonesia menggunakan Ejaan Bahasa Indonesia. Artikel berbahasa Ingggris menggunakan ragam baku.
  11. Semua naskah ditelaah secara anonim oleh mitra bestari yang di tunjuk oleh penyunting menurut bidang kepakarannya. Penulis artikel diberi kesempatan unttuk melakukan perbaikan naskah atas dasar rekomendasi/saran mitra bestari atau penyunting. Kepastian penerimaan atau penolakan naskah akan diberitahukan secara tertulis.
  12. Pemeriksaan dan penyuntingan cetak –coba dikerjakan oleh penyunting dan / atau dengan persetujuan penulis. Artikel yang sudah dalam format cetak-coba dapat dihapus pemuatannya oleh penyunting jika dianggap bermasalah.
  13. Segalah sesuatu yang membahas tentang pengutipan atau penggnaan perangkat lunak komputer untuk pembutan naskah atau ihwal lain yang terkait dengan HAKI yang dilakukan oleh penulis artikel, diikuti oleh hokum yang dapat ditimbulkan akibat, menjadi tangguung yang didukung penulis artikel ini.
  14. Artikel yang tidak dimuat tidak akan dikeluarkan kecuali diterbitkan oleh penulis.

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.